-->

DEMI JENGGOT MERLIN | Ngomongin Film

Sumber : selipan.com

"Accio!"
"Stupefy!"
"Alohomora!"
"Bapaklo!"
Eh maap maap kebiasaan....

Hey hallo semua.
Entah udah berapa lama gue ngga nulis di blog laknat ini semenjak perjuangan gue memenangkan UN 2017 dan lulus SMA. Untungnya gue ngga bakal ngomongin hal-hal yang terlalu klise kaya "Saking lamanya ngga ngeblog udah ada jaring laba-laba dimana-mana" atau "Saking terlantarnya blog gue sampai-sampai ada gelandangan ngemis di beranda", basi. Padahal blog ini udah menemani gue dari pertama kali masuk SMA, sampe sekarang yang berstatus sebagai pemuda kreatif yang sedang fokus berprofesi sebagai pengangguran aktif, kebayang ngga sih betapa banyaknya kenangan-kenangan yang udah gue lalui bersama blog ini.

Entah kenapa perasaan gue aktivitas ngeblog yang biasanya gue lakukan semakin lama malah semakin membosankan, berasa kaya semua yang gue lakukan selama ini kok ngga ada gunanya gitu, sampai akhirnya mencapai titik jenuh yang membuat gue malas ngelakuin apapun yang berhubungan dengan menulis blog. Pernah suatu hari gue sedang duduk di depan laptop, selonjoran di atas kasur sambil nulis artikel yang rencananya mau dijadikan postingan berikutnya di blog, tapi seketika itu muncul pikiran : "Kenapa sih gue ngelakuin ini?", "Apa sih untungnya dari semua yang gue lakuin?" ngerasa sia-sia aja. Ngga ada sesuatu yang dihasilkan dari semua artikel yang gue tulis di blog ini, dan bahkan gue ngga masang iklan adsense atau semacamnya. Bukannya ngga mau pasang iklan, mau banget, tapi masalahnya dengan view perhari yang sedikit banget ini yang bikin gue sadar walaupun gue mengajukan permohonan ke google adsense juga pasti ngga bakal di terima. Dan berikutnya muncullah perasaan jenuh yang membuat gue malas nulis lagi atau bahkan melanjutkan tulisan yang tadinya udah gue selesaikan lebih dari setengahnya. Sampai akhirnya perasaan malas itu malah semakin berlarut-larut hingga waktu yang tak ditentukan untuk ngga nulis sama sekali. Dan itulah apa yang sedang gue alami sekarang ini.

DEMI JENGGOT MERLIN,
Tulisan diatas sebenernya cuma konsep tulisan di Samsung Note gua yang udah hampir setengah tahun lebih ngga di apa-apain. Tapi daripada dibiarin dan terlanjur udah ditulis juga jadinya iseng aja gue sisipin sebagai pembuka konten blog kali ini, walaupun agak absurd sih. 😂

Kali ini sebenernya gue ngga tau mau ngebahas tentang apa, tadinya sih pengen nulis tentang kisah perjuangan hidup gue yang gue pikir bakalan jadi tulisan terkeren yang pernah ditulis. Tapi pas di pikir-pikir lebih jauh ternyata ngga ada yang spesial dari hidup gue, asli ngga ada yang kiranya bisa dibanggakan. Dan setelah muter otak berkali-kali barulah gue sadar kalo di otak gue isinya hanya sekumpulan aib-aib nirfaedah yang bakalan sia-sia banget kalo diceritain, jadi mohon pengertiannya.

Jadi sekarang ini gue mau ngomongin film. Sebagai penikmat film sejati, maksudnya sebagai seorang penikmat film BAJAKAN sejati, udah seharusnya gue nulis ini. Gue ngerasa kalo film itu udah menjadi bagian dari hidup gue yang ngga bisa dipisahkan gitu aja. Saking cintanya gue terhadap film, setiap hari pasti aja ngerasa harus banget minimal ada beberapa film baru yang ditonton, kalaupun emang ngga ada atau emang situasi yang ngga memungkinkan untuk ngedownload film baru, gue bakal nonton film yang lama, karena kondisi dompet yang mengenaskan jadi ngga bisa beli kuota. Iya, gue download film pake kuota karena ngga ada jaringan wifi dirumah yang bisa gue gunain, kebayang kan gimana malangnya jadi gue yang seorang pecandu film tapi kondisi kantong pas-pasan.
Sedih? Banget.
Kecewa? Engga.
Hotel? Trivago. *eh apaan sih.

Jadi gini, dalam sebulan gue 2 kali beli kartu data telkomsel paket 30 Gb, dan paket data tersebut dibagi-bagi jadi beberapa paket kaya Paket 4G 5Gb, Flash 2Gb, Midnight 13Gb, dan sisanya sebanyak 10Gb buat Videomax ngga pernah kepake sedikitpun karena gue juga ngga tau itu buat apaan. Total kuota yang bisa gue manfaatkan kira-kira sebanyak 20Gb, seharusnya dengan kuota data sebanyak itu gue bisa ngedownload sampai 10 buah film yang standar ukuran perfilmnya sebesar 800Mb-1Gb. Eh kok cuma 10? Sebenernya bisa lebih dari itu sih, tapi kan kebutuhan gue beli kuota itu bukan hanya buat download film aja, ada hal lain yang harus gue lakuin. Kaya ngecekin newsfeed anak-anak alay di facebook, bacain jokes receh para selebtweet di twitter, nontonin insta story ngga jelas di instagram, dan lain-lain termasuk ngayalin kamu. *Eh ngga ding. Pokoknya bagi seorang penikmat film bajakan sejati pasti paham yang beginian dan tau banget gimana perjuangannya.

Mungkin bagi beberapa orang yang sok tau, mereka bakal bilang kalo ngedownload film itu bukanlah sebuah kegiatan yang sulit karena mereka kira ngedownload film itu cuma tinggal search nama filmnya di website download film kaya ganool, lk21, atau semacamnya, trus tinggal klik beberapa link, dan tunggu aja atau ditinggal tidur sampe proses download selesai. Gampang!. But this is the most important words you have to know, Thats a Bullshit!. Kenyataannya sama sekali ngga seperti itu.


Seperti yang udah kalian baca diatas, jumlah kuota internet terbanyak merupakan paket midnight sebesar 13Gb, artinya aktivitas ngedownload gue lebih banyak dilakukan saat tengah malam sampai menjelang pagi. You know what? Itu berarti gue harus begadang, dan menunggu sampai proses download selesai. Kenapa harus ditunggu? Karena banyak kasus dimana orang ngedownload file, software, atau film yang ukurannya lebih dari 500 Mb, ditinggal tidur dan ternyata begitu selesai file yang udah mereka download 'corrupt' atau lebih parahnya ngga bisa dibuka sama sekali. Itu dikarenakan ketika sedang ditengah-tengah proses download ada saatnya dimana signal kurang stabil dan menyebabkan progress bar stuck di tengah-tengah download. Gue ngga mau kejadian itu menimpa gue, udah ngabisin kuota tapi ngga ada hasilnya, percuma.

Ketika begadang pula, ada beberapa alat tempur yang harus dipersiapkan diantaranya kuota, camilan, mental, kopi atau teh, dan perhatian kamu. *kok malah kamu lagi, maap maap. Karena setelah diatas jam 12 malam perut gue mulai terasa lapar dan berasa baper, jadi wajar butuh itu semua. Dan hal terkampretnya ada di cemilan, kebayang banget jam 12 malam keluar rumah yang hawanya udah pasti dingin banget cuma buat nyari cemilan doang. Saat proses ngedownload juga gue diuji dalam hal kesabaran, ketabahan, dan godaan yang sangat besar. Selama proses download yang memakan waktu kira-kira 1 sampai 3 jam, gue harus sabar untuk ngga buka yang lain-lain supaya koneksi tetap stabil saat sedang ngedownload, selama itulah gue mulai jenuh, malah sampai ada pikiran gue buat nge-pause dulu proses download, tapi untungnya gue bisa sabar. Dan godaan terbesar ngedownload saat tengah malam adalah gue harus tahan supaya ngga buka youtube, iya bener. Semua anak laki-laki pasti tau godaan diatas jam 12 malam adalah menahan keinginan untuk tahan ngga ngeliatin video cewe-cewe seksi bigo live di youtube atau semacamnya.

Sumber : shutterstock


Demi Jenggot Merlin! Untuk godaan ini gue ngga bisa nahan diri, akhirnya gue pause dulu proses download filmnya dan gantian nontonin cewe-cewe bigo live'an di youtube 1 jam lebih sampe selesai terus ngelanjutin lagi downloadnya. Ngga apa-apa itu wajar. Walhasil dari tengah malem sampe pagi gue cuma berhasil download 1 film, atau paling banyak bisa sampe 3 film, itu juga karena sebelum download gue terpaksa nonton video azab kubur dulu biar inget dosa supaya tahan godaan. *njirr ngaku...

Koleksi film-film di laptop gue sekarang udah ratusan jumlahnya, belum lagi film-film di hardisk laptop gue yang udah rusak setahun lalu yang kalo semuanya dijumlahin ngga bakal selesai ditonton selama sebulan, dengan koleksi film animasi lebih dari 40%. Btw, menyia-nyiakan hidup buat nonton film itu ngga ada manfaatnya loh dan ngga bikin pinter, apalagi bikin keren. Jadi dont try this at home.

Gue ngga menetapkan khusus film seperti apa yang harus gue tonton, pokoknya kalo film itu bagus pasti bakalan gue tonton. Dari mulai biografi film, film dokumenter, sci-fi film, sampe film drama juga bakalan gue tonton kalo itu memang layak buat ditonton. Dan hampir semua genre gue suka dari mulai Komedi, Drama, Action, True Story, Family, dan lain sebagainya. Gue juga suka nontonin film animasi Jepang (Anime) dan dari semua anime yang pernah gue tonton, gue paling suka serial Zoku Natsume Yuujinchou yang sampe 4 season, Sword Art Online yang dilanjutkan dengan Gun Gale Online, Death Note, tapi entah kenapa gue sama sekali ngga suka dengan Anime Naruto yang hampir semua temen-temen gue suka. Itu serius, apalagi anime One Piece. Alasan gue ngga suka kedua anime tersebut karena emang gue ngga ngikutin serialnya dari awal, jadi pernah sekali temen gue ngebujuk buat nonton anime Naruto ataupun One Piece, begitu gue nonton untuk pertama kali gue ngga tau jalan ceritanya jadi gue putuskan dengan mantap kalo gue ngga suka serial anime tersebut. Maap banget. Masalahnya gue paling males nonton anime yang episodenya terlalu banyak, karena rata-rata jumlah episode anime yang normal itu biasanya cuma 11 sampe 20 episode. Gue pernah dikasih liat anime Naruto dan One Piece di hardisk temen gue yang udah dia download itu jumlahnya banyak banget, mungkin sekitar ratusan episode ada kali. Gue nyerah kalo disuruh nonton sebanyak itu.

Diantara semuanya film yang paling suka gue tonton yaitu Serial Film Jepang khususnya yang bertema tentang Samurai. Akhir-akhir ini gue emang sedang suka dengan tiga sekuel film Rurouni Kenshin yang dirilis tahun 2014. Gue kasih tau dikit, jadi Rurouni Kenshin ini bersetting tahun 1870an, menceritakan tentang seorang ahli pedang (Samurai) terkuat di era Bakumatsu yang bernama Himura Kenshin atau dikenal dengan Himura Battousai Sang Pembantai, dia ceritanya udah memutuskan untuk ngga akan pernah ngebunuh lagi, jadi dia ingin ngubah masa depan Jepang di era baru dengan menggunakan pedang (katana) bermata terbalik (sisi tajamnya ada di punggung pedang). Ini film seru banget ketika dia ngelawan Shishio Makoto yang dulunya sama-sama seorang pembantai di era Bakumatsu. Karena merasa dikhianati oleh pemerintah, Shishio bersama dengan 10 pendekar pedang lainnya berencana untuk menggulingkan pemerintahan baru, rencananya dimulai dengan membakar Kyoto (nama daerah di Jepang) dan menghancurkan Tokyo. Film ini diakhiri dengan kekalahan Shishio diatas kapal raksasa miliknya. Buat yang penasaran silahkan tonton aja sendiri deh.

Rurouni Kenshin | Sumber : kompas.com


Ada lagi film Jepang yang recomended banget buat kalian tonton yaitu "Flying Colors", film bergenre based on true story ini dirilis tahun 2015. Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Kudo Sayaka anak kelas 2 SMA yang bodohnya kebangetan, karena walaupun ia seorang siswa SMA, tingkat kelas akademik dia yang sebenarnya adalah setara dengan siswa kelas 4 SD. Selama musim panas, Sayaka menghadiri sebuah lembaga swasta. Dimana disana ia bertemu dengan Tsubota-sensei yang menjadi tutor di lembaga tersebut. Selain ibunya, Tsubota -sensei adalah orang dewasa pertama yang memujinya. Sayaka mulai berubah, dengan tekad kuat dia ingin membuktikan kepada guru di sekolahnya dan ayahnya bahwa dia bukan anak yang bisa diremehkan. Dia berjuang untuk bisa masuk Keio University yang merupakan universitas unggulan saat itu. Akhirnya perjuangannya selama satu tahun berhasil dan dia diterima jadi mahasiswa di Keio University atas bimbingan Tsubota-sensei.

Flying Colors | Sumber : The daily Japan


Sebenernya masih banyak film Jepang yang gue suka selain dari kedua film diatas kaya Wood Joob, ReLife, Tenshi no Koi, dan entah apalagi gue lupa, yang jelas kalo gue tulis semuanya ngga bakal selesai.

Selain film bertema Jepang, gue juga paling suka dengan film Sci-fi berteme Superhero produksi DC dan Marvel, hampir semuanya gue suka mulai dari Spiderman, Superman, Batman, Ant Man, Captain Amerika, dan lain-lain yang pastinya banyak banget. Setiap kali nonton film tersebut gue terinspirasi untuk menjadi pahlawan. Pahlawan di hati kamu. *eh.

Gue juga suka nonton film Korea, dan film korea yang paling gue suka sampai sekarang salah satunya Train To Busan film bertema tentang zombie, saking sedihnya gue nangis nonton film ini. Serius. Film Korea lainnya yaitu Tae Guk Ki, film ini bersetting tahun 1950 bertema tentang kakak beradik yang dipaksa ikut wajib militer untuk mengikuti perang saudara Korea Selatan melawan Korea Utara yang paham komunis. Saking sedihnya film ini juga berhasil bikin gue nangis. Njirr lebay abis.

Terakhir gue paling suka denga film yang bertema tentang sihir khususnya Harry Potter, walaupun harus gue akui kalo baca novelnya jauh lebih seru daripada nonton filmnya. Tapi ngga masalah karena gue emang udah terlanjur suka dengan apapun yang berhubungan dengan Harry potter. Semenjak nonton Harry Potter gue jadi suka film-film yang berhubungan dengan sihir kaya film Fantastic Beast and Where To Find Them, itu juga film bertema sihir karya JK. Rowling yang keren banget menurut gue. Tahun 2016 akhir kemarin JK. Rowling nulis buku baru lagi yang berjudul Harry Potter and The Cursed Child. Sebenernya ini bukan buku yang ditulis dalam bentuk novel, karena Harry Potter and the Cursed Child adalah pertunjukkan panggung dua babak yang dipentaskan Teater West End berdasarkan kisah baru yang ditulis oleh Jack Thorne, J.K. Rowling dan John Tiffany (Wikipedia), jadi semuanya ditulis dalam bentuk dialog teather. Gue dulu pengen banget beli bukunya, apalagi waktu itu baru preorder. Tapi nasib gue sedang malang saat itu, preorder bukunya bertepatan pas gue masih mengemban beban jadi anak kost yang serba kekurangan, apalagi harga preorder bukunya Rp.400rb-an. Itu cuma bikin pencinta Harry Potter kaya gue meringis di sudut-sudut kamar.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 comment

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter