-->

Menyendiri Itu Penting!


Jangan salah paham dulu sama judul diatas. Gue ngga bilang kalo kata ‘Sendiri’ di judul itu adalah tentang pasangan. Bukan!. Sendiri yang gue maksud adalah situasi dimana kita sedang ngga bersama orang lain dan menikmati kesunyian dan keheningan yang tercipta. Gue menyebutnya dengan “Me Time”. *Yeayy 

Temen gue banyak dan setiap hari gue selalu meluangkan waktu buat ikut ngumpul nongkrong bersama mereka, tapi ada kalanya gue harus menyendiri. Keheningan yang terjadi membuat gue bisa tenang melakukan apapun dengan konsentrasi dan minim gangguan kecuali kalo tiba-tiba ada Panggilan-alam-untuk-melaksanakan-tugas-suci (baca: boker).

Menyendiri itu menyenangkan. Jangan terlalu menyibukkan diri dengan tugas-tugas sekolah ataupun tugas kuliah. Tapi yang harus di inget, menyendiri yang kita lakukan bukan berarti melarikan diri dari masalah yang ada, sebaliknya ini adalah momen yang tepat buat memikirkan kembali permasalahan yang kita hadapi dan mencoba mencari solusi yang terbaik dari permasalahan tersebut dengan bijak. Disaat seperti inilah gue bisa merefleksi diri dan mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

Untuk menikmati kesendirian kaya gini lo ngga harus dengan berlibur ke destinasi wisata yang jauh dan menghabiskan banyak duit, itu ngga perlu. Menyendiri bisa dilakukan dimana aja kok selagi nggak mengganggu waktu yang lain apalagi mengganggu tetangga, ngga penting banget. Gue biasanya kalo udah kesel dirumah gue bakalan pergi ke tempat sepi dan terbuka sambal bawa tas dan alat tulis seadanya. Saat itu gue bakal tenang melakukan aktivitas menulis gue. Jangan salah paham dulu, gue bukan nulis diary alay seperti yang kalian kira (ya kali cowok keren kaya gue nulis diary. Helloowww), tapi gue nulis untuk konten blog gue. Ya bener, semua tulisan nirfaedah yang gue share di blog ini adalah hasil dari menyendiri. Duduk dibawah pohon sambal ditemani alunan music volume kecil dan suasana sejuk itulah yang membuat ide-ide bermunculan.

Ngga selalu tentang alam terbuka sih, banyak tempat yang recommended untuk Me Time ini, salah satunya café. Di café gue bisa duduk santai di pojokan sambal baca novel Harry Potter kesayangan dengan secangkir kopi dan wafer, apalagi alunan musiknya yang bikin gue betah. Kalo udah kaya gini gue bisa baca novel sampai beberapa chapter sekaligus. Hingga pelayannya kesel dan gue diusir, gila aja cuma beli secangkir kopi tapi duduknya sampe berjam-jam.
Baiklah sekarang kita kembali ke judul. Jadi menyendiri itu penting, para psikolog mengatakan kalo menikmati momen kesendirian adalah langkah awal menuju kebahagiaan yang sebenarnya. Bahkan seorang ilmuwan tersohor dunia, Albert Einstein juga ngga terlalu suka dengan keramaian seperti yang dia pernah bilang:

“Aku benci keramaian banyak orang dan harus berpidato. Aku benci disorot kamera dan harus menjawab berondongan pertanyaan. Kenapa popularitas mencengkram aku-yang seorang ilmuwan-yang selalu berurusan dengan hal-hal abstrak dan merasa bahagia bila sendirian. Sebuah manifestasi psikologi massa yang berada diluar jangkauanku.”

 Dibawah ini gue akan memberitahu kalian semua alasan mengapa kalian butuh waktu untuk sendiri:

1. Refreshing Otak
Sebagai pelajar atau mahasiswa pasti ada aja yang membuat otak jadi stress, entah itu karena tugas atau diputusin pacar. Dengan menyendiri kita jadi punya waktu untuk menenangkan pikiran dan mengistirahatkan otah, melupakan sejenak hiruk-pikuk keramaian kota dan melupakan sejenak yang sedang terjadi, kecuali kalo ada gempa yang berpotensi tsunami.

2. Mengembangkan Ide dan Kreativitas
Ide-ide biasanya bermunculan disaat situasi sedang hening dan sunyi sehingga menjadikan otak lebih kreatif. Lo bisa melakukan sesuatu hal yang menjadi hobi untuk menyalurkan ide tersebut supaya ngak terbuang sia-sia, salah satunya dengan menulis blog kaya gue. Keceh..
Dengan menyendiri gue juga bisa ngelakuin hal kece lain seperti bereksperimen membuat resep masakan yang notabanenya rasanya bisa membuat temen gue kejang-kejang beberapa saat setelah memakannya. Sampai melakukan aktivitas kreatif kurang kerjaan seperti riset cara efektif menangkap lalat dengan tangan kosong, walaupun absurd tapi penelitian yang gue lakukan ini terbukti berhasil, gue bisa nangkap lalat dengan tangan kosong pake rumus fisika. *Tsadesh

3. Mengembangkan Imajinasi
Gue suka berimajinasi sejak umur 7 tahun sampai sekarang, gue melakukannya bisa dimana aja selagi sedang sendirian. Karena gue nggak akan bisa mengontrol imajinasi kalau suasana sedang rame dan hingar bingar. Pergilah ke tempat sepi dan duduk di bawah pohon yang sejuk, mulailah berimajinasi dan berlatihlah mengontrol imajinasi tersebut.

Oke, gue rasa segitu aja postingan kali ini tentang pentingnya menyendiri. Gue mau shalat dulu. Bye.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 comment

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter