-->

4 Bahaya tidur pagi bagi kesehatan





Tidur merupakan suatu kebutuhan yang wajib bagi seseorang. Waktu tidur yang baik untuk bisa memulihkan stamina setelah seharian beraktivitas  ialah selama 7-8 jam setiap harinya.

Namun, pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk tidur. Banyak orang sering tidur pagi dengan alasan bergadang mengerjakan pekerjaan kantor, keasyikan nonton, atau lupa waktu saat bermain Game.

Baca juga : Manfaat bangun pagi bagi tubuh yang jarang diketahui

Tidur pagi sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh anda. Inilah beberapa bahaya tidur pagi bagi kesehatan :

• Susah berkonsentrasi dan berfikir
Orang yang terbiasa tidur pagi atau kurang tidur kebanyakan akan merasa sulit untuk fokus dan konsentrasi dalam bekerja. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas anda dikantor.

• Diabetes
Menurut penelitian, kurang tidur maupun kebanyakan tidur akan meningkatkan resiko seseorang terkena diabetes. Hai ini dikarenakan gangguan tidur dapat meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin, sehingga kadar gula dalam darah akan meningkat.

• Obesitas
Orang yang tidur pagi atau tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya memiliki resiko obesitas yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidur 7-8 jam dimalam hari. Hal ini dikarenakan kurang tidur akan membuat nafsu makan meningkat, sehingga membuat orang lebih banyak makan ketika kurang tidur.

• Penyakit jantung dan stroke
Sering tidur dipagi hari dan kurang tidur bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan kurang tidur akan meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh, hal inilah yang meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Baca juga : Sering mengantuk disiang hari? Inilah cara mengatasinya

Untuk mencegah terserang penyakit tersebut, sebaiknya anda perlu merubah pola tidur anda, dengan cara biasakan tidur lebih awal dari jam 9 atau jam 10 malam dan batasi konsumsi kafein serta jauhkan handphone saat sudah berada ditempat tidur.(13/12/2019)

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter