-->

Dear Pejuang UN, Ini Tips Dari Gue


Helloo…. Hellooo…


Pada artikel kali ini gue akan memberikan kalian semua tips jitu menghadapi Ujian Nasional. Bukannya sok menggurui, tapi gue hanya ingin kita semua sebagai anak kelas XII di seluruh Indonesia yang juga merangkap sebagai generasi terakhir anak tahun 90’an, tahun ini kita harus bisa lulus 100%, buktikan kalo kita bisa menjadi Pejuang UN yang sesungguhnya. Hidup Anak 90’an !!

Tanggal 10 – 14 April nanti seluruh SMA di Indonesia akan melaksanakan Ujian Nasional serempak. Selama 4 hari kita menghadapi ujian yang sesungguhnya, dari selama 3 tahun pulang-pergi ke sekolah mengikuti pelajaran, bertemu guru-guru killer dan menerima semua pelajaran. Dalam 4 hari itulah penentuan hasil dari usaha yang kita dapaselama ini di sekolah.

Ngga usah deg-deg’an, Oke. Karena dibawah ini gue akan membocorkan tips dan triknya supaya kita semua bisa menghadapi ujian dengan sukses tanpa ada kendala. Pertama yang akan gue bahas disini adalah fakta-fakta tentang Ujian Nasional.

  • Ujian Nasional diadakan serempak di seluruh Indonesia, SMA tanggal 10 – 14 April 2017. Itu berarti ngga nggak ada yang bisa saling memberi kunci jawaban atau ngasih bocoran soal sekalipun.
  • Ujian Nasional tahun ini Berbasis Komputer (UNBK), itu artinya antara seorang peserta dan peserta lainnya sangat ngga ada kemungkinan untuk saling ngasih jawaban atau sekedar ngelirik kanan-kiri. Percuma. Karena di setiap computer atau UserID memiliki soal tersendiri yang berbeda-beda atau paling ngga walaupun soalnya sama tapi multiple choice nya acak.
  • Karena UN tahun ini berbasis computer dan mengerjakannya secara online, jadi nilai dari jawaban kita itu langsung masuk ke server pusat milik pemerintahan, jadi jangan harap bisa kompromi dengan guru untuk ngubah nilai.
  • Ok, mungkin diantara kalian ada yang berfikir “Wah, Mantep donk. Kalo sitem online kan bisa intip-intip dikit di google”, jawabannya NGGA BISA kecuali kalian pencet Ctrl+Alt+Del, buka Task Manager, trus End Task di Software UNBK nya, habis itu baru kalian bisa buka google sepuasnya. Tapi konsekuensinya kalian harus Log In ulang, mengerjakan ulang soal-soal dari awal, dan yang paling penting soal yang akan kalian dapat selanjutnya sangat berbeda dari sebelumnya. Masih minat curang? Kalo gue sih Ngga Bakal !.
Dibawah ini adalah berapa tips dari gue agar kalian semua siap menmghadapi Ujian Nasional Berbasis computer tahun ini.

1. Berdoa
Yang paling gue utamakan dan paling di tekankan disini adalah berdo’a, seperti yang kalian tau sendiri berdo’a itu adalah sesuatu yang sangat penting terlepas dari apa yang telah kita usahakan selama ini. Seperti kata guru gue “Usaha tanpa do’a itu ngga akan berhasil, begitu juga sebaliknya, do’a tanpa usaha itu sia-sia”. Gue percaya, maka dari itu berdo’a lah dalam hal apapun termasuk juga dalam menghadapi ujian nasional. Ambillah air wudhu, shalat, dan berdo’a lah dengan khusuk kepada Allah.

2. Siapkan Mental
Mental itu penting, jangan sampai kalian udah KO duluan sebelum berjuang. Jangan terlalu cemas membayangkan ekspektasi-ekspektasi tentang soal-soal yang akan kalian hadapi. Cukup katakana seperti Ranchodas Shamaldas Chanchad “ All izz well – All izz well”. *Ngaco Nih…

3. Stop Belajar
Yup, kalian ngga salah baca. Maksud gue, Ujian Nasional SMA dialaksanakan tanggal 10-14 April 2017, itu artinya kita masih punya waktu sekitar 2 hari lagi semenjak tulisan ini gue postkan untuk bersantai. Jangan terus-terusan belajar sampai hari-H karena sebagai manusia otak kita diharuskan untuk beristirahat sejenak, jangan sampai kalian terus-terusan memaksakan otak berfikir keras mengerjakan soal-soal bahkan menghafal rumus-rumus yang begitu banyaknya dengan keras. 2 hari dari sekarang kalian harus mengistirahatkan otak, luangkan waktu berjalan-jalan ke pantai dan bacalah buku novel beberapa halaman atau isilah waktu dengan membaca artikel-artikel ringan di internet. Sehingga ketika di hari-H ujian otak kalian sudah rileks dan bisa berfikir dengan jernih. Catatan : Buat yang suka belajar SKS a.k.a Sistem Kebut Semalam, waktu kalian udah terlambat!

4. Persiapkan Semua Keperluan Ujian
Kalian harus mempersiapkan keperluan ujian mulai dari sekarang, supaya ngga sibuk waktu pelaksanaannya karena entah itu lupa bawa pensil, lupa bawa penghapus, bahkan lupa bawa Kartu Peserta Ujian Nasional. Jangan ceroboh apalagi lalai, ingat, 4 hari terakhir ini sangat berharga, kawan. Jadi Siapkan semua alat-alat ujian, strika semua seragan yang akan dipakai empat hari kedepan, dan jangan lupa cuci sepatu. Camkan itu!

5. Tidur Yang Cukup
Kurangi kebiasaan bergadang mulai dari sekarang. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin, jagalah kesehatan jasmani dan rohani. Ngga mau kan pada hari Ujian Nasional malah ngantuk ngga karuan atau malah sakit dan membuat kalian ngga bisa fokus mengerjakan soal-soal. Maka dari itu biasakan tidur yang cukup mulai dari sekarang minimal 8 jam sehari, batasi tidur sebelum jam 11 malam dan bangun jam 5 pagi, jangan lupa tidur siang beberapa jam.

6. Kerjakan Semua Soal
Di Ujian Nasional kita bakalan disuguhkan 40 – 50 soal pilihan ganda atau Multiple Choice dari A sampai E. Setiap soal yang kita jawab benar akan mendapatkan skor tertentu dan kalaupun kita jawab salah itu ngga apa-apa, itu artinya walau se-blank apapun otak kita ngga tau isinya, kita bisa milih jawaban antara A sampai E dan kita punya peluang 1:5 untuk memilih jawaban benar.

7. Jangan Diingat
Maksud gue disini adalah kalian jangan coba-coba mengingat lagi soal yang telah kalian kerjakan ataupun mereview jawaban kalian tadi. Ingat, tugas kita hanyalah “Datang-Kerjakan-Lupakan” itu aja. Setelah kalian selesai mengerjakan soal dan log out dengan sukses, keluar dari ruangan dan hiruplah udara segar, jangan sampai terlalu nyaman di ruangan ber-AC yang hanya sesaat. *Cailee.. Sehabis itu langsung pulang atau kalian juga boleh nongkrong ke tempat-tempat seperti kedai kopi atau pantai. Santai.

Mungkin segitu aja tips-tips dari gue tentang cara menghadapi ujian nasional, semoga kita semua diberi kemudahan untuk perjuangan terakhir kita di SMA, dan bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.Dan semoga kita diberi keajaiban dengan 20 soal bonus di setiap pelajaran yang diujikan, Amin.

And the end of the post (Anjir, malah ngikutin @Shitlicious). Postingan kali ini bukanlah postingan ngaco kaya yang sebelum-sebelumya, jadi kalian bisa mengikuti tips dari artikel ini. Share kepada temen-temen lo yang juga akan menghadapi Ujian Nasional supaya bisa mendapatkann pencerahan. Bye.

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 comment

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter