Jutaan orang tidak mengetahui, manfaat bawang putih selain menjadi bumbu dapur ternyata berkhasiat menyembuhkan penyakitnya flu atau pilek.

Baca juga : Cara cepat mengatasi batuk secara alami

Gejala flu atau pilek yaitu bersin-bersin, hidung meler dan sakit tenggorokan. Pilek atau flu merupakan penyakit yang gampang menular.
Hal ini disebabkan oleh virus yang menyebar ke udara dan menempel pada benda-benda tertentu melalui percikan air liur saat bersin.

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman. Caranya, dengan merangsang sel darah putih untuk menemukan virus flu atau pilek lebih cepat.

Senyawa allicin yang berfungsi untuk menyembuhkan flu atau pilek, awalnya tidak terkandung pada bawang putih. Senyawa allicin akan aktif hanya pada saat melalui proses tertentu, yaitu dengan cara dipanaskan. Selain dipanaskan khasiatnya akan lebih baik jika dihancurkan atau dipotong sebelum dimakan

Ikuti langkah berikut supaya tidak bingung dalam  mengolah bawang putih untuk mengobati flu dan pilek :

• Hancurkan bawang putih dengan cara menekan bawang bagian atasnya
• Bisa juga dengan cara dipotong kecil-kecil
• Panaskan bawang putih selama 10 menit dengan api kecil

Baca juga : Konsumsi buah ini untuk tetap bugar dimusim hujan
Namun, jangan biarkan bawang putih yang sudah dihancurkan dibiarkan dalam udara terbuka lebih dari 10 menit. Hal ini bisa menghilangkan nutrisi tertentu yang terdapat pada bawang putih.

Konsultasikan ke dokter apabila tetap tidak membaik atau gejalanya membuat anda merasa tidak nyaman.(23/12/2019)