Sarapan pagi memiliki salah satu manfaat yaitu untuk sumber energi. Alasan terburu-buru sering kali membuat seseorang melewatkan sarapan pagi. Bagi anda yang masih sering melewati waktu sarapan, saya akan menjelaskan beberapa manfaat sarapan pagi untuk kesehatan :

• Sebagai sumber energi

Layaknya mobil, anda juga butuh "bahan bakar" untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong, energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh Anda tetap fit dan tidak cepat lelah.

• Menjaga konsentrasi

Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat anda lebih fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas. Jika anda tidak sarapan pagi, kemungkinan anda akan susah konsentrasi saat beraktivitas.

• Mengurangi stress

Jika anda dalam keadaan perut kosong dipagi hari dengan aktivitas yang padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi akan membuat Anda mudah stress. Maka manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stress tersebut.

• Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan sehat pada saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh. Jika anda sedang dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak.
Setelah membaca manfaat sarapan pagi yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk kita melewatkan sarapan pagi.(08/12/19)