-->

Tips jaga kesehatan saat musim hujan






Pada awal bulan Desember ini, sebagian besar wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan.

Berbagai macam penyakit sudah banyak mengintai didepan mata, seperti pilek, flu dan demam berdarah. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktifitas sehari-hari sebaik mungkin.

Berikut tips menjaga kesehatan saat musim hujan :

Baca juga :

Manfaat lari pagi yang jarang orang ketahui


• Jaga pola makan

Saat memasuki musim hujan, kita harus bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil. Asupan gizi merupakan salah satu aspek penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh menurun, kuman-kuman penyebab penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Frekuensi makan tiap hari harus tetap diperhatikan dari sarapan, makan siang dan makan malam. Agar asupan gizi terpenuhi, maka
kita harus menerapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan.


• Jaga tubuh tetap hangat

Menjaga tubuh tetap hangat saat musim hujan merupakan cara yang tepat untuk mencegah terserang penyakit flu. Pernahkah kalian bertanya-tanya, kenapa kita lebih sering terkena flu ketika musim hujan ?

Para peneliti menjelaskan, bahwa tubuh yang kedinginan terutama kaki, dapat menyebabkan gejala flu muncul pada seseorang yang sudah rentan terhadap virus flu.

• Mandi air hangat

Mandi air hangat usai terjebak dalam hujan akan perlahan-lahan meningkatkan suhu tubuh kita. Mandi air hangat juga bisa menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari infeksi.

• Jaga kebersihan lingkungan

Hujan yang terus-menerus mengguyur saat musim hujan membuat lingkungan lebih kotor dari pada musim kemarau. Hal ini dipicu karena kelembaban udara yang membuat sampah atau limbah menjadi lebih cepat membusuk  yang pada akhirnya menjadi sumber kuman.

Untuk itu, bersihkanlah tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri berkembang biak.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh saat memasuki musim hujan.(08/12/19)

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter